Friday, August 2, 2024

Kegiatan Bermanfaat Pada Akhir Minggu




Akhir minggu telah tiba, beberapa individu sibuk dengan pekerjaan mereka, sementara sebagian lainnya menikmati libur yang ditunggu-tunggu setelah beberapa hari menguras keringat. Tentu dalam mengisi waktu libur diperlukan beberapa kegiatan bermanfaat yang dapat dilakukan (tentunya selain melihat gawai hahaha). Pada postingan singkat kali ini, saya akan menjabarkan beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang di akhir minggu.

Memasak Resep Baru yang Menantang

Meskipun beberapa diantara kita sudah sering memasak untuk keperluan sehari-hari, jarang sekali kita mencoba resep yang mungkin ditemukan di berbagai sumber namun sulit untuk dimasak di hari biasa dikarenakan bahan, maupun waktu memasak. Pada liburan dengan banyak waktu, kita bisa mulai melihat resep tersebut dan mewujudkannya menjadi makanan lezat yang ingin dicoba.

Waktu luang dapat digunakan untuk melihat berbagai macam bahan dan mengolah bahan tersebut lebih leluasa. apalagi makanan yang memerlukan waktu pengolahan yang lama sehingga tidak memungkinkan untuk memasaknya pada waktu kerja.

Kegiatan Kreatif yang Mengasah Keterampilan Tangan

Mau anak mau dewasa, maupun yang sudah punya anak kegiatan kreatif merupakan hal yang sangat penting untuk melatih keterampilan tangan dan juga kreativitas. Bisa dengan melukis menggunakan berbagai macam bahan dan medium, bisa dengan membuat kerajinan tangan, menggambar dengan spirit anak-anak, maupun menulis khayalan yang sulit dilakukan di waktu kerja.

Kegiatan ini juga bisa dilakukan bareng dengan anak dan saudara, untuk memupuk kebersamaan dan kekuatan komunitas. Hubungan ibu-anak, saudara, ayah-anak, bisa dipupuk dengan menuangkan perasaan satu sama lain ke dalam medium yang mudah dimengerti dan didiskusikan.


Kegiatan melukis di stand CFD Gor Agus Salim Azzwars x Dangau Sudio


Olahraga

Siapa yang ketika hari-hari bekerja jarang berolahraga? Sehingga pekerjaan rumah tangga pun dianggap sebagai olahraga? Pada masa liburan, kita bisa mulai berolahraga selain pekerjaan rumah tangga, seperti pilates, core training, zumba, dan lain sebagainya. Kegiatan olahraga juga bisa dilakukan sembari bepergian ke tempat tertentu, seperti berenang (jika tidak punya kolam di rumah), memanah, berkuda, sepak bola dan lain sebagainya.

Ingin lebih santai, bisa jogging setiap pagi di sekitar rumah. mulai berolahraga pada masa ini akan mempermudah membiasakannya pada masa sibuk, dan bermanfaat bagi metabolisme tubuh kita.

Membaca dan Menulis

Tidak bisa membaca cerita kesukaan ketika bekerja? Atau ada proyek membaca topik tertentu yang butuh waktu lebih banyak? Waktu luang liburan sangat bagus digunakan untuk melakukan aktivitas ini. Studi pustaka penelitian, membaca novel yang masih menumpuk dan belum dibaca, membaca kisah di halaman internet yang belum terjamah, dan jenis bacaan lainnya.

Waktu liburan dapat digunakan untuk mengasah otak dan rasa dengan membaca banyak buku. Kegiatan membaca juga dapat dibarengi dengan kegiatan menulis. Mulai dari menulis sepatah tulisan bertema di media sosial sampai menulis.

Demikian dulu postingan saya kali ini, jika ada tambahan kegiatan, akan saya posting kapan-kapan.

PS : jika ingin tahu mengenai mengapa hampir setahun tidak posting blog, silahkan lihat postingan di misc[dot]pyuurika. alias tulisan jelek yang dibenci HRD, mengandung victim mentality, dan curhatan alay (sebagai peringatan serius, membahas bunuh diri)

With love,

No comments spilled

Post a Comment

Please comment the post after you read it!
your praise, critique, and other is recomended to improve this blog! ^^

Berilah komentar setelah membaca blog. Baik kritik saran dan lainnya dibolehkan ^^